Melakukan Pelayanan Kepada Pelanggan
"Melakukan Pelayanan Kepada Pelanggan"
Pengertian Pelayanan Prima
Pelayanan prima adalah suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan.
1. Konsep Dasar Pelayanan Prima (Excellent Service) :
a. Kemampuan (Ability)
Melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan motivasi, dan menggunakan humas sebagai alat untuk membina hubungan ke dalam dan ke luar oraganisasi / perusahaaN.
b. Sikap (Attitude)
Perilaku tertentu yang harus ditonjolkan ketika berhadapan dengan pelanggan.
c. Penampilan (Apprearance)
Penampilan fisik ataupun non-fisik yang merefleksikan kredibilitas kepada pelanggan
d. Perhatian (Attention)
Kepedulian
penuh terhadap pelanggan, yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan
pelanggan, maupun memahami saran dan kritiknya.
e. Tindakan (Action)
Kegiatan nyata yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
f. Tanggung jawab (Accountability)
Sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai bentuk kepedulian, untuk meminimalkan ketidakpuasan pelanggan.
Jenis-jenis Pelayanan Prima :
- Core Service
Pelayanan
merupakan produk utama dari sebuah organisasi / perusahaan. Misalnya
hotel atau perusahaan penerbangan yang menawarkan jasa sebagai produk
usahanya.
- Facilitating Service
Fasilitas layanan tambahan kepada pelanggan. Misalnya fasilitas ‘check-in’ dalam penerbangan.
- Supporting Service
Pelayanan
yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan atau untuk
membedakannya dari pesaing. Misalnya restoran bergengsi yang bertempat
di suatu hotel.
Komentar
Posting Komentar